Waspadai Penyakit Meningitis

Hmm, penyakit meningitis yaa? Dulunya sudah sering mendengar tentang penyakit ini. Tapi hanya sebatas tahu saja bahwa itu adalah penyakit radang selaput otak. Sebulan kemarin, penyakit ini menjadi lebih populer dan lebih akrab ditelinga saya, karena saya kebanyakan nonton acara gossip (
weleh, buka kartu sendiri neh). Iya beneran, ini semua gara-gara saya nonton infotainment yang memberitakan bahwa salah satu pesohor negeri ini menderita gejala penyakit meningitis ringan. Pasti Anda semua tahu lah siapa orangnya. Hehehe...
Untuk Anda semua yang belum tahu tentang penyakit meningitis, baca aja artikel dibawah ini dengan lengkap ya jangan separo-separo nanti pengetahuannya juga separo loh.

Apa itu Penyakit Meningitis
Penyakit Meningitis adalah peradangan pada membran atau selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi dan paling sering terjadi pada usia anak-anak, remaja, dan dewasa. Yang juga berisiko adalah orang tua/lanjut usia dan orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang, seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jenis-jenis Penyakit Meningitis
Ada dua jenis utama penyakit meningitis:

1. Penyakit Meningitis Viral. Biasanya tidak menyebabkan penyakit serius. Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan demam berkepanjangan dan kejang.
2. Penyakit Meningitis Bakteri. Jenis ini tidak bisa dianggap biasa akan tetapi sangat serius. Penyakit Meningitis jenis ini perlu dirawat segera untuk mencegah kerusakan otak dan kematian.
Kedua jenis penyakit meningitis diatas memiliki gejala yang sama. Segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui jenis penyakit meningitis yang Anda derita dan pengobatan yang tepat.

Penyebab penyakit meningitis
Penyakit meningitis viral disebabkan oleh virus. Penyakit Meningitis Bakteri disebabkan oleh bakteri. Penyakit Meningitis juga dapat disebabkan oleh organisme lain dan beberapa obat-obatan, tetapi hal ini jarang terjadi.
Penyakit Meningitis adalah penyakit menular. Kuman yang menyebabkan penyakit meningitis dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui batuk dan bersin dan melalui kontak dekat.

Gejala Penyakit Meningitis
Gejala Penyakit Meningitis yang paling umum di kalangan remaja dan dewasa adalah: leher kaku dan sakit, terutama ketika Anda mencoba untuk menyentuhkan dagu ke dada Anda. Gejala Penyakit meningitis lainnya: demam, sakit kepala, muntah, kejang, hilang kesadaran.
Anak-anak, orang dewasa, dan orang dengan masalah medis lainnya mungkin memiliki gejala penyakit meningitis yang berbeda:

Bayi mungkin menjadi rewel dan tidak mau makan, adanya ruam yang saat disentuh akan membuat mereka menangis. Gejala pada anak-anak mirip seperti flu. Dapat berupa batuk atau kesulitan bernapas.
Orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan masalah medis lainnya mungkin hanya mengalami sedikit sakit kepala dan demam.

Penting sekali untuk segere berkonsultasi ke dokter jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki gejala-gejala tersebut. Hanya dokter yang dapat menentukan apakah penyebab penyakit meningitis yang anda derita. Penyakit Meningitis bakteri dapat mematikan jika tidak diobati segera.

Diagnosa Penyakit Meningitis
Fungsi lumbal merupakan tes laboratorium yang paling penting untuk penyakit meningitis. Hal ini juga disebut spinal tap. Sampel cairan diambil dari tulang belakang dan diuji untuk dilihat apakah mengandung organisme yang menyebabkan penyakit. Dokter juga dapat melakukan tes lainnya, seperti tes darah, CT scan, atau MRI.

Pengobatan Penyakit Meningitis
Pengobatan penyakit meningitis tergantung pada penyebabnya. Segera temui dokter Anda jika Anda atau keluarga Anda memiliki gejala, karena penyakit meningitis bakteri dapat mematikan jika tidak diobati segera.
Penyakit Meningitis bakteri diobati dengan antibiotik di rumah sakit. Anda juga bisa mendapatkan deksametason. Dan Anda akan diperiksa secara cermat untuk mencegah masalah serius seperti gangguan pendengaran, kejang, atau kerusakan otak.

Demikianlah artikel tentang penyakit meningitis. Semoga bermanfaat. Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...