5 Jenis Makanan Yang Membantu Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi atau detoks adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Sehingga setelah terjadi proses detoksifikasi tubuh kita akan terbebas dari racun-racun yang akan merugikan kesehatan. Sebenarnya tubuh kita sudah mempunyai kemampuan untuk melakukan detoksifikasi secara alami yaitu melalui pengeluaran keringat lewat pori-pori kulit, BAK (Buang Air Kecil), dan BAB (Buang Air Besar).


Beberapa zat makanan dapat membantu proses detoksifikasi tersebut dan adapula bahan makanan yang justru dapat menghambat proses detoksifikasi. Berikut ini adalah 5 bahan makanan luar biasa yang akan membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh Anda.
1. Peterseli dan ketumbar; Daun tanaman ini dapat mengikat logam berat seperti merkuri sehingga dapat logam tersebut dapat diekstraksi dari tubuh Anda. Peterseli dan ketumbar juga bersifat alkali dan banyak mengandung klorofil. Dapat dikonsumsi dengan cara dimakan mentah atau dimasak.

2. Air; Banyak orang menganggap remeh mengenai manfaat minum air putih yang sangat penting dalam proses detoksifikasi. Minum banyak air, 2 sampai 3 liter per hari dan Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar karena detoksifikasi berjalan dengan baik. Cobalah minum satu liter (sekitar 4 cangkir) air di pagi hari, kemudian 1-2 liter tersisa sepanjang hari. Dan hindari minum pada waktu makan.

3. Sayuran Berdaun Hijau; Sayuran berdaun hijau (seledri, bok choy, kangkung, sawi hijau/caysim, bayam, dll) adalah tulang punggung untuk setiap detoks yang baik. Sayuran tersebut bersifat alkali, dan kandungan alkali yang cukup dalam tubuh akan memerangi bakteri jahat dalam tubuh. Sayuran berdaun hijau juga mengandung chlorella yang membantu untuk membersihkan dan meningkatkan oksigen dalam darah, meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh Anda.

4. Air Jeruk Nipis; Sebelumnya kita telah membahas tentang air, tetapi ini adalah air jeruk nipis! Jeruk nipis lebih banyak kandungan alkalinya untuk tubuh Anda (meskipun rasanya asam ketika kita meminumnya), dan membantu melancarkan pencernaan, membantu detoksifikasi hati dan mengurangi kembung. Jus jeruk nipis akan mengaktifkan hati Anda untuk melepaskan racun dan membantu membersihkan usus.
Campur air perasan separuh/sepotong jeruk nipis ke dalam 200 mililiter air hangat dan minum di pagi hari pada waktu perut masih kosong. Jika Anda bisa tahan, tambahkan satu sendok makan cuka sari apel juga.

5. Alpukat;  Sebenarnya, di sini yang saya maksud adalah kandungan lemak dan minyak dan Omega-3 yang tinggi dalam buah alpukat. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan melancarkan pencernaan. Makan alpukat, minyak biji rami, minyak rami dan minyak zaitun extra virgin. Minyak ini tidak stabil pada suhu tinggi, jadi pastikan Anda tidak menghilangkan manfaat detoksifikasi Anda dengan menempatkan mereka pada suhu tinggi dan membuatnya jadi tengik.
Dan bonus untuk Anda, yaitu bahan non-pangan yang juga membantu detoksifikasi:

6. Sauna; Seperempat racun tubuh kita dieliminasi melalui kulit, dan mengeluarkan keringat pada saat melakukan sauna dapat membantu proses eliminasi racun-racun tubuh.

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...