Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manggis merupakan jenis buah tropis yang unik dan berasal dari Asia Tenggara. Manggis telah digunakan baik sebagai makanan lezat dan sebagai sumber obat tradisional, dan pertama kali diperkenalkan keseluruh dunia saat dicicipi oleh Ratu Victoria. Manfaat kesehatan pertama kali ditulis sekitar abad ke-18. Kini, studi ilmiah buah manggis menunjukkan bahwa manfaat manggis tersebut bukan hanya mitos.

1. Xhantones
Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam buah manggis.

Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi, anti-alergi, dan anti-convulsant abilities. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin. Secara nutrisi kandungan tersebut tidak terlalu penting dan kurang aktif secara biologis daripada xanthones, namun masih lebih baik kita mengkonsumsi banyak buah-buahan yang memiliki manfaat obat, karena beberapa dari mereka bertindak sebagai antioksidan.

2. Manfaat Senyawa-senyawa lain pada manggis
Xhantones dan antioksidan lainnya dalam buah manggis dapat memberikan manfaat yang berguna. Di dalam tubuh, oksidasi oleh peroksida dan oksigen itu sendiri dapat menciptakan radikal bebas. Radikal bebas ini kemudian dapat menyebabkan reaksi yang menyebabkan kerusakan sel. Kerusakan semacam ini dikaitkan dengan banyak penyakit manusia, dari kondisi stroke dan neurologis untuk beberapa jenis kanker. 

Mengkonsumsi antioksidan dapat mengurangi jumlah reaksi oksidasi, dan membantu untuk menangkap radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel.

3.  Manfaat Kesehatan Dari Buah Manggis
Manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional dari berbagai negara di Asia sejak lama. Bagian yang berbeda dari buah manggis dan tanaman yang digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan. Sementara bubuk kering dari kulit buah manggis yang digunakan dalam pengobatan disentri, pasta yang digunakan untuk mengobati eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya. Sebuah ramuan yang terbuat dari kulit buah manggis digunakan untuk mengobati diare, sedangkan ramuan yang terbuat dari akar manggis digunakan untuk mengatur menstruasi.

Di Filipina, yang digunakan orang untuk membuat rebusan daun manggis dan kulit, yang bermanfaat dalam menurunkan suhu tubuh dan juga untuk mengobati gangguan sariawan, disentri, diare, dan gangguan saluran kencing.

Pada abad ke 18 dan ke 19, manggis diperkenalkan ke bagian lain dari dunia, namun pohon ini sulit berkembang selain di tempat asalnya. Buah ini kadang-kadang disebut sebagai "Ratu Buah", karena nilai gizi dan kehadiran beberapa senyawa yang menawarkan berbagai manfaat kesehatans.

Studi menunjukkan bahwa manggis kaya akan nutrisi dan antioksidan. Faktor-faktor inilah yang menjadi alasan banyaknya manfaat kesehatan dari manggis. Hal ini menyatakan bahwa buah ini sangat efektif dalam menurunkan risiko berbagai penyakit, terutama disebabkan oleh adanya antioksidan. Antioksidan yang paling menonjol di manggis, Xhantones. Ada dua jenis xanthones dalam buah ini yaitu alpha mangostin dan gamma mangostin. Senyawa ini menawarkan banyak manfaat kesehatan dan menjadikannya 'makanan super'. Hal ini karena ini Xhantones, bahwa manggis memiliki antibiotik, antiviral, sifat anti-jamur dan anti-inflamasi. Salah satu manfaat manggis yang paling penting bagi kesehatan adalah efeknya pada sistem kardiovaskular. Hal ini diyakini efektif dalam mencegah penyakit, seperti, arthritis, osteoporosis, tekanan darah tinggi, atherosclerosis, batu ginjal, katarak, glaukoma, Alzheimer, neuralgia, dan masih banyak lagi! Hal ini juga mengatakan bahwa buah ini juga efektif dalam mengobati depresi, penuaan dini, obesitas, penyakit kulit, alergi, diare, demam, dan nyeri.

Demikian banyak manfaat buah yang dapat tumbuh subur di Indonesia ini ya. So, jangan malas untuk konsumsi buah. Karena buah-buah lain pun selain manggis, juga banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat. Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...