Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan. Kebanyakan dari kita sudah sering makan mentimun atau timun. Buah yang dalam bahasa Latin disebut Cucumis sativus sering dijumpai dalam setiap hidangan, terutama sayuran segar, salad, atau asinan. Mentimun memiliki kandungan air cukup tinggi hingga 90% didalam tubuhnya.
Potongan mentimun sering digunakan untuk membantu melembabkan wajah dan diyakini dapat menurunkan tekanan darah juga.

Kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang terkandung dalam mentimun :
1. Perawatan Kulit
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendinginan, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kadar air tinggi, vitamin A, B dan C dan mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silikon membuat mentimun menjadi bagian penting dari perawatan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang ada dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
2. Fungsi Pencernaan
Masalah pencernaan, seperti maag, keasaman, gastritis, borok dan bahkan bisa diobati dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari proses pencernaan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Bahkan, makan mentimun setiap hari dianggap sebagai obat yang sangat kuat untuk sembelit.
3.  Kesehatan sendi
Mentimun mengandung silica yang dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.
4. Protein pencernaan
Erepsin mentimun mengandung enzim yang membantu mencerna protein.
5. Tekanan darah
Kalium, magnesium dan serat yang terkandung dalam mentimun dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal.
6. Membunuh cacing pita
Benih mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita pada saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai anti-inflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.
7. Mencegah kerusakan kuku
Mentimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah kerusakan pada kuku jari kaki dan jari tangan.
8. Membantu mengurangi gout dan rematik
Vitamin dalam jus mentimun diperkaya A, B1, B6, C dan D dan asam folat, magnesium dan kalsium, bila dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang menderita nyeri sendi dan mengurangi asam urat.
9. Mengobati sakit gigi dan gusi
Gigi dan penyakit gusi, penyakit periodontal, khususnya, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur dan membantu menetralisir asam dan basa dalam rongga mulut.
10. Diabetes
Jus mentimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan  berkhasiat untuk membantu sintesis insulin alami dalam tubuh.
11. Perawatan Ginjal
Mentimun terbukti bermanfaat untuk membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal untuk melancarkan proses buang air kecil. Bahkan, mentimun merupakan diuretik alami yang terbaik.
12.  Kesehatan Rambut
Mentimun dicampur dengan jus wortel, bayam, dan selada dapat membantu menyehatkan rambut. Karena mentimun mengandung silika dan silika terdapat dalam jaringan ikat tubuh dan senyawa ini membantu pertumbuhan rambut.
Wah, ternyata banyak sekali kan Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan kita. Tambah lagi deh  pengetahuan kita kali ini. Semoga bermanfaat, Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...