Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Jambu biji merupakan buah yang rendah kalori dan lemak tapi mengandung banyak vitamin penting, mineral, dan antioksidan poli-fenolik dan flavonoid senyawa yang memainkan peran penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.
Buah ini sangat kaya akan sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar .
Buah Jambu biji adalah sumber antioksidan vitamin C. 100 g jambu biji segar mengandung 228 mg vitamin C, lebih dari tiga kali DRI (asupan harian yang disarankan). Kandungan Vitamin C pada kulit buah bagian luar lebih tinggi daripada yang terkandung pada bagian dalam nya.
Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah-buahan yang kaya vitamin C membantu tubuh meningkatkankan resistensi terhadap infeksi dan radikal bebas berbahaya penyebab kanker. Selanjutnya, vitamin diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang .
Jambu Biji adalah sumber vitamin A yang sangat baik, dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa tsb dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Selanjutnya, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan karoten akan melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut.
100 g buah jambu biji merah muda mengandung 5204 mg likopen, hampir dua kali lipat jumlah yang terkandung pada tomat. (100 g tomat mengandung lycopene 2573 ug). Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji merah muda mencegah kerusakan kulit dari sinar UV dan mencegah kanker prostat .
Buah jambu biji segar adalah sumber kalium yang sangat kaya. Mengandung lebih banyak kalium dibandingkan buah-buahan lainnya. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
Selanjutnya, buah jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, serta mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.
Demikian artikel Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan, smoga bermanfaat. Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...