Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang adalah buah yang sangat bergizi, murah, terjangkau dan mudah didapat di pasar buah. Pisang terdiri dari 3 jenis gula - glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Pisang kaya kandungan serat, vitamin dan mineral.

Manfaat buah pisang untuk kesehatan banyak sekali. Anda harus menyertakan pisang dalam diet Anda sehari-hari. Pisang dapat dimakan langsung bila sudah masak ataupun dijadikan olahan. Berikut adalah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan:


1. Manfaat buah pisang karena banyak mengandung Vitamin dan Mineral
Pisang merupakan sumber vitamin dan mineral. Pisang mengandung vitamin A, B1 (tiamin), B2 Vitamin (Riboflavin), Niacin, Folate, Asam pantotenat, vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K dan beberapa vitamin lainnya dalam jumlah kecil. Kandungan mineral dalam pisang yaitu Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, Sodium, Besi, Selenium, Mangan, Tembaga, Seng dan beberapa sejumlah kecil mineral lainnya.

2. Manfaat Buah Pisang untuk Tingkatkan Energi Tubuh Anda
Kandungan gula alami dalam pisang seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk latihan atau berolahraga. Ini adalah makanan sumber energi dan makanan penguat yang instan.

3. Manfaat Buah Pisang Untuk Mengatasi Keluhan Heart Burn:
Cobalah makan pisang jika Anda menderita Heart Burn. Ini akan membantu mengatasi keluhan tersebut karena pisang memiliki efek antasid pada tubuh.

4. Manfaat Buah Pisang dalam Pengobatan Anemia
Pisang kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu untuk merangsang produksi hemoglobin dalam tubuh. Merupakan salah satu makanan terbaik untuk penderita anemia.

5. Manfaat Buah Pisang Untuk Mengurangi Masalah Sembelit:
Pisang merupakan sumber serat yang baik dan obat pencahar alami. Oleh karena itu, dapat membantu memulihkan buang air besar menjadi normal tanpa obat pencahar dan menghindari masalah sembelit yang menyakitkan.

6. Manfaat Buah Pisang Untuk Membantu Atasi Luka lambung:
Pisang mengurangi efek keasaman dan iritasi pada sistem pencernaan tubuh dan membangun lapisan pelindung di dalam dinding bagian dalam lambung. Pisang memperbaiki kesehatan usus dengan mencegah dan melindungi terhadap penyakit maag. Dalam hal ini, manfaat buah pisang dapat digunakan sebagai makanan diet mencegah gangguan pencernaan dan dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam kasus-kasus kronis.

7. Manfaat Buah Pisang Untuk Membantu Mengatur Tekanan Darah dan Mencegah Stroke
Pisang yang tinggi kalium dan rendah natrium dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko stroke, apabila di konsumsi secara teratur.

8. Manfaat Buah Pisang Untuk Membantu Mengurangi Depresi
Pisang mengandung tryptophan, asam amino yang bila dikonversi oleh tubuh menjadi serotonin dapat membuat rileks. Pisang memiliki efek menenangkan otak dan memperbaiki suasana hati. Manfaat buah Pisang sebagai penambah suasana hati, obat penenang ringan yang alami.

9. Manfaat Buah Pisang untuk penderita Seasonal Affective Disorder
Pisang dapat membantu penderita SAD atau Seasonal Affective Disorder karena mengandung pendorong mood alami, tryptophan.

10. Manfaat Buah Pisang Untuk Membantu Mengurangi Stres
Kalium dapat menormalkan detak jantung, mengatur keseimbangan cairan tubuh dan juga membantu untuk mengirim oksigen ke otak Anda. Ketika seseorang stres, metabolisme tubuhnya meningkat dan ini mengurangi kadar kalium dalam tubuh yang perlu seimbangkan kembali. Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Jadi manfaat buah pisang adalah sebagai peredam stres alami.

11. Manfaat Buah Pisang Untuk Sistem kekebalan
Pisang kaya akan vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi antibodi. Juga memiliki vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk bertahan melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Manfaat Buah Pisang Untuk Sistem Saraf
Pisang adalah buah yang enak dan lezat, kaya vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan fungsi saraf.

13. Manfaat Buah Pisang Dalam Pengobatan Diare
Kandungan kalium yang tinggi pada pisang merupakan salah satu anti-diare.  Juga mengandung pektin untuk menormalkan gerakan dalam sistem pencernaan. Bila Anda menderita diare, tubuh Anda kehilangan cairan penting seperti elektrolit, mineral, minum segelas air tidak akan banyak membantu. Anda perlu untuk menormalkan sistem pencernaan anda kembali.

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...