Fakta Tentang Buah Pisang

Buah yang satu ini mudah ditemui dimana saja, sepanjang tahun. Tidak tergantung dengan musim seperti buah lainnya. Tapi tahukah anda ada beberapa fakta tentang buah pisang yang mungkin belum anda ketahui. Berikut ini beberapa fakta tentang buah pisang:
1. Sekelompok pisang sebelumnya disebut "tangan". Seiring istilah itu, sebuah pisang disebut "jari".
2. Pisang merupakan bahan radioaktif alami. Faktanya, pisang mengandung kalium dalam jumlah yang relatif tinggi. Khususnya, Kalium-40, yang merupakan isotop radioaktif kalium.
3. Karbohidrat pada pisang yang sudah masak/matang, akan berubah menjadi gula. Oleh karena itu,  semakin masak pisang maka akan semakin manis rasanya.
4. Pohon pisang  tidak berkembang melalui biji. Sebaliknya, mereka tumbuh dari struktur akar yang menghasilkan batang di atas tanah atau yang disebut tunas. Tanaman ini khusus diklasifikasikan sebagai tanaman arborescent (seperti pohon) abadi. Pohon pisang adalah pohon yang tidak berbatang kayu terbesar di bumi.

5. Pisang adalah salah satu sumber makanan sehat alami di dunia. Pisang hampir tidak mengandung lemak, sangat rendah kalori dan tinggi vitamin B6, serat, dan potasium. Pisang juga mengandung sejumlah fosfor, magnesium, kalsium, besi, seng, tembaga, selenium, Vitamin-A, B1, B2, C, E, K, niasin dan asam phantotenic. Menurut FDA, makan pisang dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, serta mengurangi risiko terkena kanker.
6. Penduduk Uganda adalah yang mengkonsumsi pisang terbanyak didunia. Mereka makan rata-rata sekitar 500 pon pisang per orang, per tahun.
7. Hampir semua tanaman pisang komersial (contoh: cavendish) adalah varietas unggulan yang awalnya berasal dari satu tanaman tunggal yang berasal dari Asia Tenggara.
8. Sebelum pisang jenis Cavendish menjadi pisang pilihan komersial, Gros Michel adalah rajanya. Seperti Cavendish, Gros Michel merupakan varietas unggulan dan selama beberapa dekade pada awal hingga pertengahan abad ke-20. Gros Michel awalnya lebih disukai daripada Cavendish karena lebih besar, tidak cepat busuk dan lebih mudah untuk dibawa-bawa. Rasanya juga lebih unggul daripada Cavendish
9. Goldfinger adalah salah satu dari beberapa varietas pisang lezat, tapi rasanya tidak seperti pisang, melainkan rasanya lebih seperti apel. Varietas ini adalah pisang hibrida yang diciptakan/dikembangkan oleh Philip Rowe, tetapi tidak dijual secara komersial kecuali di beberapa bagian di Australia.
10. Pisang sangat baik untuk kegiatan atletik dan kebugaran karena dapat mengganti karbohidrat yang diperlukan, glikogen dan cairan tubuh yang terbakar selama latihan.
11. Pisang tidak ditanam secara komersial di Amerika Serikat. Mereka tumbuh di Amerika Latin dan Amerika Selatan dari negara-negara seperti Kosta Rika, Ekuador, Kolombia, Honduras, Panama dan Guatemala. Honduras dikenal sebagai Republik Pisang, karena 65% kebutuhan pisang dunia di penuhi oleh negara ini.
12. Makan pisang dapat memperbaiki mood Anda. Pisang adalah satu-satunya buah yang mengandung asam amino, Triptofan ditambah vitamin B6, yang bersama-sama membantu tubuh memproduksi serotonin-bahan kimia alami yang meredakan depresi mental (itu juga ditemukan pada Prozac.)
13. Ada sekitar 1000 jenis tanaman pisang di dunia saat ini, tapi kebanyakan rasanya kurang enak. Tidak ada jenis pisang dari sekian banyak jenis tanaman pisang yang dipandang sebagai pengganti yang baik untuk Cavendish.
14. Lebih dari 100 miliar pisang dikonsumsi setiap tahunnya di dunia, membuat pisang menjadi produk pertanian terbesar ke-4 di dunia, berikut nya diikuti oleh gandum, beras dan jagung.
15. Pisang adalah buah no 1 di Amerika. Penduduk Amerika  mengkonsumsi rata-rata lebih dari 28 pon pisang per tahun.
18. Tanaman pisang mencapai ketinggian penuh 15 sampai 30 kaki dalam waktu sekitar satu tahun. Batang pohon pisang terbuat dari selubung daun tumpang tindih, erat melilit satu sama lain seperti batang seledri.

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...