10 Tips Melakukan Diet Sehat

Diet Sehat menurut sebagian orang adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Padahal, melakukan kebiasaan makan yang sehat tidaklah sesulit yang dibayangkan. Prinsip pertama dari diet sehat adalah hanya untuk makan berbagai macam makanan. Hal ini penting karena makanan yang berbeda memberikan kontribusi gizi yang berbeda.

Kedua, sumber kalori utama yang  dapat Anda konsumsi berasal dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, karena merupakan makanan tinggi karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral yang rendah lemak, dan bebas dari kolesterol. Sisanya harus berasal dari  produk susu rendah lemak, daging unggas, dan ikan.
Anda juga harus menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori yaitu, tidak makan makanan melebihi kebutuhan kalori tubuh Anda. Jika tidak, Anda akan menambah berat badan. Oleh karena itu, semakin  Anda aktif, semakin Anda bisa makan dan tetap menjaga keseimbangan ini.

Diet sehat tidak harus berarti makan makanan yang hambar atau tidak menarik. Selama diet keseluruhan Anda seimbang dan kaya nutrisi dan serat, tidak masalah makan cheeseburger sesekali. Pastikan untuk membatasi seberapa sering Anda makan makanan tersebut, dan makanlah dengan porsi kecil.

Berikut ini 10 Kunci Melakukan Diet Sehat :
1. Konsumsi makanan tinggi serat. Yaitu, biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan. Ini adalah sumber karbohidrat baik yang bergizi, dan relatif rendah kalori. Makan 20 sampai 30 gram serat makanan yang Anda butuhkan setiap hari, akan memperlambat penyerapan karbohidrat, menurunkan kadar insulin dan gula darah, dan memberikan manfaat kesehatan lain juga. Makanan tersebut juga menyediakan vitamin penting, mineral, dan phytochemical (bahan kimia tanaman yang penting bagi kesehatan).

2. Konsumsi Sayuran Hijau dan Buah Berwarna Orange atau Kuning. Sayuran hijau dan buah berwarna oranye atau kuning seperti: brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk kaya akan antioksidan. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan tersebut dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Makanlah lima porsi atau lebih  sehari.

3. Batasi konsumsi makanan manis. Konsumsi makanan manis berlebih akan menaikkan kadar lemak karena gula padat kalori.

4. Kurangi lemak hewan. Lemak hewan kaya akan lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan. Pilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan tanpa lemak atau produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

5. Kurangi konsumsi lemak trans. Lemak trans terdapat dalam minyak sayur terhidrogenasi yang digunakan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji.

6. Perbanyak makan ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Ganti Margarin dengan minyak zaitun atau minyak canola.

7. Batasi asupan kolesterol. Yaitu di bawah 300 miligram per hari. Sumber kolesterol adalah produk hewani : daging unggas, produk susu, dan kuning telur.

8. Cukupi Asupan kalsium. Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Sumber kalsium rendah lemak : seperti susu skim dan yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak dapat mendapatkan jumlah yang optimal dari makanan, minum suplemen.

9. Cobalah untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat, yang memasok nutrisi dan senyawa lain selain vitamin dan mineral.

10. Pertahankan berat badan Ideal. Keseimbangan energi (kalori) asupan dengan keluaran energi. Latihan dan aktivitas fisik lainnya sangat penting.

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...