Manfaat Jahe

Manfaat Jahe

Halo, guys. Selamat pagi sekaliii...
Mumpung lagi produktif nih, pagi-pagi dah naek tulisannya. maafkeun karena saya jarang posting. pasti kamu semua pada kangen yaa? Kangen sama tulisan saya maksudnya, jangan kangen sama saya. Ntar ada yang jealous hehehe.. Mohon dimaafkan juga ya kalo bahasa yang saya gunakan pada tulisan-tulisan saya di blog ini nggak sebagus kamu-kamu yang ahli bahasa. Da, saya mah apa atuh.hehehe.. Hingga tahun kelima saya menulis di blog ini I'm still newbie hiks hiks hiks
Udah ah maaf2an nya, kayak lagi halal bihalal nih jadinya hahaha

Kali ini yang akan di ulas adalah tentang Jahe. Ja-he. J-A-H-E. Jahe. Kamu yang cewek kalo suka bantuin bundanya di dapur pasti tau jahe. Kamu yang cowok kalau suka nongkrong di cafe ataupun diangkringan, pasti juga pernah minum SuJa (Susu Jahe), Wedang Jahe dan produk jahe lainnya.


Kata teh Wiki (nama lengkapnya: Wikipedia) Jahe adalah sejenis rimpang yang termasuk golongan rempah-rempah yang sangat populer. Nama latinnya adalah Zingiber Officinale. Jahe memiliki rasa yang khas dan tajam yaitu rasa pedas karena pada jahe terkandung senyawa keton bernama Zingeron. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga sering di manfaatkan sebagai obat. 


gambar dari abah google

Menurut sejarah, Jahe sudah ada sejak jaman dulu, dan selama bertahun-tahun sudah digunakan sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan sebagai rempah-rempah alami, jahe sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu. 
Tanaman jahe hanya dapat tumbuh subur di daerah tropis, seperti Asia Tenggara, Brazil, dan Afrika. Pada jaman penjajahan Belanda, rakyat Indonesia di paksa menanam rempah-rempah karena jahe memiliki rasa yang hangat dan pedas sehingga menjadi komoditi yang sangat populer di Eropa. 

Di Negeri kita tercinta (baca: Indonesia), minuman berbahan dasar jahe atau wedang jahe begitu di minati karena minuman tersebut dapat menghangatkan tubuh. 

Setelah saya menginterview beberapa sesepuh, ambu, abah, nini, serta aki yang saya kenal. Serta membaca literasi tentang jahe. Ternyata guys, banyak sekali manfaatnya jahe.

Berikut ini beberapa manfaat dari Jahe:

  1. Meredakan perut kembung. 
  2. Mengobati nyeri pinggang dan punggung. 
  3. Mengobati rematik. 
  4. Mengobati sariawan. 
  5. Mengobati kram perut. 
  6. Mengobati pilek dan hidung tersumbat. 
  7. Menurunkan kolesterol. 
  8. Mengatasi bau mulut 
  9. Menghilangkan rasa mual saat mabuk perjalanan.
  10. Menurunkan tekanan darah. 
Jahe juga memiliki keunggulan yaitu sebagai obat alami jahe tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman di konsumsi untuk tubuh. Agar jahe dapat awet dan tahan lama, sebaiknya kamu pilih jahe yang halus, masih fresh, tidak keriput (nini2 kali ah) dan tidak berjamur pada saat kamu membelinya. 
Belinya dimana?? Paake tanya, ya di pasar tradisional, supermarket atau ke kebun nini-aki kamu aja. Pasti ada. hehehe
Setelah kamu dapat jahenya, kemudian kamu kupas terlebih dahulu, cuci yang bersih, simpan ke dalam plastik dan masukkan ke dalam freezer. 
Kok Freezer? (tanya terus nih #jitak) Dengan cara ini jahe dapat bertahan lama dan dapat digunakan kapan saja saat kamu membutuhkan.

Guys, sekarang kamu dah tau kan manfaat jahe. Jadi nggak ada salahnya kalian mencobanya untuk pilihan pengobatan alami. Jika kamu udah tau sejak zaman purba tentang hal ini dan ingin menambahkan silahkan di comment ya...mw share juga boleh kok..thankyou ya..

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...