Mitos Dan Fakta Tentang Kanker

Mitos Dan Fakta Tentang Kanker

Halo, guys.. Selamat tengah malam...
Kali ini saya mau bahas mitos dan fakta tentang penyakit kanker. Bukan "Kantong Kering" yaa.. hahahaha.. Tapi penyakit kanker.
Memanglah ya, penyakit ini merupakan salah satu penyakit kritis yang disebut juga "silent killer" widiiih.. Kanker menjadi sesuatu yang menakutkan, hingga kita tidak lagi tahu mana yang mitos dan mana yang fakta.

Dibawah ini ada mitos dan fakta tentang penyakit kanker. Apa saja itu? Nyook di simak..

1. Jika kamu menderita kanker, biasanya karna ada anggota keluarga kamu yang juga menderita kanker.
Mitos.
Penjelasannya: Setengah dari laki-laki dan sepertiga dari wanita di Amerika Serikat akan menderita kanker. Tapi hanya sekitar 1 dari 20 kasus tersebut yang terkait dengan gen dari orang tua mereka.

2. Mengkonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan resiko kamu untuk terserang kanker.
Fakta.
Penjelasannya: Minum alkohol bisa bikin kamu beresiko tinggi untuk terserang kanker mulut, kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lainnya. Semakin sering kamu minum, semakin tinggi risikonya.

3. Pemanis buatan bisa menyebabkan kanker.
Mitos.
Penjelasannya: Belum ditemukan bukti keterkaitan bahwa pemanis buatan (seperti : aspartam, sakarin) dengan kanker pada manusia. Namun kini pemanis buatan jenis sorbitol dan stevia lebih aman untuk dikonsumsi.

4. Antiperspirant membuat kamu beresiko menderita kanker payudara
Mitos.
Penjelasannya: Antiperspiran atau deodoran aman untuk digunakan, karena  tidak ada studi yang kuat dan sangat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa kamu beresiko lebih besar untuk menderita kanker payudara jika kamu menggunakan antiperspirant.

5. Konsumsi daging olahan beresiko terserang kanker usus besar
Fakta.
Penjelasannya: Orang-orang yang makan banyak daging olahan, seperti hot dog dan lunchmeat, lebih mungkin untuk terserang kanker usus besar. Hubungan ini tidak sepenuhnya jelas, tapi mungkin karena nitrit. Nitrit adalah bahan kimia yang ditambahkan pada makanan untuk menghentikan bakteri dan mempertahankan warna daging.
Daging merah juga dikaitkan dengan kanker usus besar. Batasi konsumsi daging merah dan beralihlah ke sumber protein nabati seperti dari kacang-kacangan.

6. Akupunktur dapat meringankan rasa mual yang dirasakan pasien yang sedang menjalani pengobatan kanker
Fakta
Penjelasannya: Akupunktur dapat membantu mengobati mual dan muntah akibat kemoterapi. Akupunktur juga dapat membantu orang yang mengalami kekeringan mulut akibat terapi radiasi.
Jika kamu sedang dirawat karena kanker dan ingin mencoba akupunktur, beritahu doktermu
.
7. Pada sebagian besar jenis kanker, biopsi dapat menyebabkan sel-sel kanker semakin menyebar.
Mitos.
Penjelasannya: Biopsi adalah pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh manusia untuk pemeriksaan patologis mikroskopik. Selama biopsi, dokter mengambil sampel kecil jaringan dari tubuh kamu untuk pemeriksaan kanker. Pada sebagian besar kanker, itu sangat tidak mungkin bahwa prosedur ini akan menyebabkan kanker menyebar.
Namun, kanker ovarium adalah pengecualian. Dokter biasanya tidak melakukan biopsi ovarium karena dapat menyebarkan sel-sel kanker. Dan sebagai gantinya dokter akan melakukan pengangkatan seluruh jaringan ovarium tersebut.

8.  Berolahraga secara teratur dapat mengurangi resiko terkena kanker
Fakta.
Penjelasannya: Berolahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal, dapat mengurangi resiko terserang kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan kanker usus besar.
i
Semoga saya, kamu dan semua orang yang kita sayangi dijauhkan dari penyakit kanker ini.

OK, guys. Segitu aja dulu mitos dan fakta tentang kanker nya yaa..kalo kamu mau menambahkan, silahkan di kolom komentar ya.. Kalo kamu rasa artikel ini bermanfaat silahkan di share sebanyak-banyaknya.. Thankyou. Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...