9 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

9 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Halo,guys. Selamat hampir tengah malam yaa.. (emang ada?)

Kulit bersih, sehat, bebas noda adalah impian bagi banyak wanita. Nggak cuma wanita kok. Para lelaki alias pria juga nggak mau wajahnya penuh dengan jerawat. Bikin ilfil cewek-cewek yaa. Walopun nggak bisa berbuat apa-apa sama dua penyebab utama jerawat yaitu faktor hormon dan faktor keturunan, kamu masih bisa kok ngerubah kebiasaan harian untuk memperbaiki penampilan kulit kamu.

Jerawat tuh terjadi kalo minyak, bakteri, dan sel-sel kulit mati menyumbat folikel rambut. Orang dengan jenis kulit berminyak bakal lebih rentan ber- jerawat karena kulit mereka sensitive dan mudah ber- jerawat, tetapi ngilangin kebiasaan buruk masih bisa kok ngebantu mereka untuk mencegah jerawat. Baca juga artikel Tips Merawat Kulit Berjerawat dan artikel tentang Cara Menghilangkan Jerawat.

Stop kebiasaan buruk kamu dalam ngerawat kulit untuk mencegah jerawat dan nikmati kulit bersih, sehat dan bercahaya. 
Berikut adalah kebiasaan buruk yang bisa bikin jerawat muncul diwajah kamu:

1.  Terlalu sering mencuci muka
Masa sih? Bukannya bagus sering cuci muka biar mukanya bersih?
Gini..gini..
Walopun penting ya untuk ngejaga kebersihan kulit wajah kamu, ngebersihkin wajah terlalu sering hanya akan memperburuk kondisi  jerawat. Bersihkan muka di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Atau kalo habis bepergian.

2.  Menggosok wajah terlalu keras
Menggosok kulit wajah kamu dengan waslap, ataupun scrub dengan cara kasar/keras akan menyebabkan iritasi yang signifikan dan bisa memperburuk jerawat dikulit kamu. Untuk mencegah jerawat, bersihin wajah pake air hangat dan pembersih yang lembut.

3.  Tidak segera membersihkan kulit yang berkeringat
Kamu yang suka berolahraga baca dan ingat ini. Selesai olahraga atau aktifitas di luar atau di bawah terik matahari, kulit kamu akan keringatan. Jangan biarkan keringat kering di kulit kamu. Segera mandi atau bersihkan kulit wajah kamu segera setelah berkeringat.

4.  Menyentuh dan memencet jerawat
Utak-atik jerawat kata saya mah. Meskipun mungkin nggak tahan untuk nyentuh dan mencet jerawat, akan tetapi perilaku ini bisa nyebabin jerawat meradang, dan makin merah. Mengeluarkan isi jerawat atau nanah semakin dalam ke dalam kulit bahkan bisa menimbulkan jaringan parut diwajah kamu, lho. Sebaliknya, jauhkan tangan kamu dari wajah. Jangan sentuh dan jangan pencet  jerawat. Biarkan jerawat kembali mengecil dengan bantuan lotion atau krim anti jerawat.

5.  Jarang mencuci rambut atau keramas
Kalo kamu punya jenis rambut berminyak, minyak bisa meresap ke bawah ke wajah kamu dan menyebabkan jerawat. Pastikan kamu keramas setiap hari untuk menjaga kelebihan minyak dari dahi, wajah, dan juga untuk membantu mencegah jerawat.

pinjam gambar dari abah google


6.  Sisa produk rambut di wajah kamu
Sangatlah penting untuk menjaga hair spray, gel, mousse, atau produk rambut lainnya yang kamu pakai supaya nggak tertinggal diwajah kamu. Karena produk yang dipakai untuk rambut bisa menyumbat pori-pori kamu. Tutupi wajah kamu saat memakai produk rambut supaya nggak ada yang tertinggal di kulit wajah kamu.

7. Makan makanan berminyak
Gorengan...hmmm..yummy.. hahaha..
Sebagian makanan yang kamu makan nggak menyebabkan jerawat, tapi makanan berminyak bisa memperburuk jerawat di kulit kamu karna kelebihan minyak dan lemak yang didapatkan kulit dari makanan itu sendiri. Jadi tetap berpegang pada pola makan sehat tanpa berminyak dan gorengan untuk  menjaga kesehatan kamu dan juga kesehatan kulit kamu.

8.  Menggunakan kosmetik yang mengandung minyak
Kalo kamu punya kulit yang mudah berjerawat, hal terakhir yang kamu harus lakukan adalah mengenali jenis kandungan minyak pada kosmetik. Ketika kamu beli make up dan produk kulit lainnya, cari kosmetik dengan label “bebas minyak/oil free”atau bisa juga dengan label istilah "non-acnegenic" atau "non-comedogenic" untuk membantu mencegah jerawat.

9.  Menghentikan pengobatan jerawat
Kalo kamu pakai obat jerawat dengan resep dokter untuk mengatasi jerawat kamu, trus kulit kamu mulai terlihat bersih, jangan seneng dulu yaa.. Itu nggak berarti kamu bebas untuk berhenti pakai obat kamu. Untuk mencegah jerawat balik lagi habiskan semua obat dalam resep obat jerawat kamu seperti yang direkomendasikan oleh doktermu, kecuali obat yang memang diperintahkan untuk dihentikan.
Ubah kebiasaan buruk kamu dengan praktek perawatan kulit yang baik untuk membantu mencegah jerawat kembali. Hanya dengan sedikit perubahan yang  sederhana, kulit kamu bakalan jadi bersih sehat dan bersinar.
Bersih bersinar, S***ight.. hahaha.. Becanda yaa, maafkaan.. Salam!

0 comments:

Posting Komentar

Protected by Copyscape
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...